Minggu, 20 November 2016

KISI-KISI UAS GASAL AKIDAH AKHLAK KELAS 10 TP 2016/2017

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Program
:  Madrasah Aliyah
Aqidah Akhlak
:  X (Sepuluh)
Alokasi Waktu
Jumlah dan Bentuk Soal
Kurikulum
:  90  menit
:  40  Pilihan Ganda dan 5 Essay
:  2013

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran yang dianutnya

1.1.     Meyakini kesempurnaan akidah Islam.
1.2.     Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
1.3.     Menghayati Islam dan metode peningkatan kualitasnya
1.4.     Menghayati akhlak terpuji (hikmah,iffah, syajo’ah dan ‘adalah)
1.5.     Menunukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela (pubbundun-ya,passed, takabbur/ujub, riya’).
1.6.     Menghayati makna syukur, qana’ah, rida dan sabar
1.7.     Menghayati adab kepada orang tua dan guru.
1.8.     Menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s




2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

1.9.    Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
1.10.        Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
1.11.        Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
1.12.        Membiasakan akhlak-akhlak(hikmah,iffah,syaja’ah dan ‘adalah)
1.13.        Menghidarkan diri dari sifat-sifat buruk (pubbundun-ya, pasad, takabbur/ujub, riya’)
1.14.        Membiasakan bersyukur, qana’ah, rida, dan sabar dalam kehidupan
1.15.        Membiasakan berakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
1.16.        Meneladani sifat-sifat Nabi Yusuf a.s




3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1.     Menganalisis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya.




3.2.    Menganalisis konsep tauhid dalam Islam.






3.3.     Menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya.


.
3.4.     Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah)

.
3.5.     Menganalisis induk-induk akhlak tercela (pubbun dun ya, asad, takabur/ujub, riya’)


3.6.     Menganalisis makna syukur, qana’ah, rida, dan sabar



3.7.     Memahami adab kepada orang tua dan guru


3.8.     Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s


Aqidah Islam dan Metode peningkatannya


Tauhid dalam konsep islam




Akhlaq dan metode peningkatannya


Hikmah, Iffah,Sa ja’ah dan ’Adalah


Hubbudunya, Hasad ujub, riya’



Syukur, qanaah, ridha dan sabar


Akhlaq kepada orang tua dan guru




Kisah teladan Nabi Yusuf a.s
1.       Menjelaskan pengertian aqidah
2.       Menyebutkan dalil aqidah
3.       Menjelaskan prinsip-prinsip aqidah
4.       Menjelaskan tujuan aqidah


1.       Menjelaskan pengertian Tauhid
2.       Menyebutkan ruang lingkup Tauhid
3.       Menyebutkan macam-macam tauhid
4.       Menjelaskan makna kalimat tauhid
5.       Menjelaskan hikmah bertauhid

1.       Menjelaskan pengertian akhlaq
2.       Menjelaskan macam-macam akhlaq


1.       Menjelaskan induk-induk akhlaq terpuji (Hikmah, Iffah, Saja’ah dan ’adalah.)
2.       Menjelaskan keutamaan Induk Akhlaq Terpuji (Hikmah, Iffah, Saja’ah dan ’adalah)
1.       Menjelaskan induk-induk akhlaq tercela (Hubbudunya, hasad ujub, riya)
2.       Menyebutkan akibat Negatif dari sifat Hubbudunya, hasad, ujub dan riya

1.       Menjelaskan pengertian sifat syukur, qanaah, rida, sabar
2.       Menjelaskan keutamaan sifat syukur, qanaah, rida dan sabar

1.       Menyebutkan dalil kewajiban berbakti kepada ortu dan guru
2.       Menjelaskan adab terhadap orang tua dan guru





1.Menjelaskan kisah Nabi Yusuf as

4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,     dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1.      Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/akidah Islamiyah.
4.2.    Menunjukkan contoh perilaku bertauhid dalam islam


4.3.    Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam islam

4.4.    Mempraktikkan contoh ahklak yang baik (hikmah, iffah, syaja’ah, dan ‘adalah)

4.5.    Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (pubbun-dun-ya, asad, Takabur/ujub, riya’)
4.6.    Menunjukkan contoh perilaku bersyukur, qana’ah, rida, dan sabar
4.7.    Mensimulasikan adab kepada orang tua dan guru

4.8.    Menyajikan sinopsis kisah Nabi Yusuf a.s
Metode peningkatan aqidah

Karakteristik perilaku bertauhid

Metode peningkatan kualitas akhlaq


Hikmah, Iffah, saja’ah, Adalah

Hubbudunya, Hasad, Ujub, Riya

Syukur, qana’ah, rida dan sabar

Ahlaq terhadap orang tua dan guru

Kisah teladan Nabi Yusuf a.s
1.        Menyebutkan metode peningkatan akhlaq


1.       Menyebutkan ciri-ciri perilaku bertauhid



1.        Menjelaskan metode-metode peningkatan ahklaq




1.       Menunjukkan ciri-ciri karakteristik orang-orang yang mengamalkan hikmah, iffah, saja’ah dan ‘Adalah
1.       Menunjukkan ciri-ciri karakteristik orang-orang yang mengamalkan Hubbudunya, Hasad, Ujub, Riya

1.       Menunjukkan ciri-ciri karakteristik sifat syukur, qana’ah rida dan sabar

  1. Menunjukkan ciri-ciri karakteristik anak yang beradab kepada orang tua dan guru

  1. Menyebutkan ibrah/Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Yusuf a.s








1 komentar:

  1. Ini materi saya pas sekolah masih di MAN hehehhehe
    pak Budi apa kabar ?
    semoga sekeluarga selalu dalam naungan ALLAH SWT
    amin..

    BalasHapus