KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan
Pendidikan
Mata
Pelajaran
Kelas/Program
|
: Madrasah Aliyah
: Aqidah Akhlak
: X (Sepuluh)
|
Alokasi
Waktu
Jumlah
dan Bentuk Soal
Kurikulum
|
: 90
menit
: 40 Pilihan Ganda dan 5 Essay
: 2013
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
|
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
|
1.1.
Meyakini kesempurnaan akidah Islam.
1.2.
Terbiasa bertauhid dalam kehidupan
sehari-hari
1.3.
Menghayati Islam dan metode
peningkatan kualitasnya
1.4.
Menghayati akhlak terpuji
(hikmah,iffah, syajo’ah dan ‘adalah)
1.5.
Menunukkan sikap penolakan terhadap
akhlak tercela (pubbundun-ya,passed, takabbur/ujub, riya’).
1.6.
Menghayati makna syukur, qana’ah,
rida dan sabar
1.7.
Menghayati adab kepada orang tua dan
guru.
1.8.
Menghayati kisah keteladanan Nabi
Yusuf a.s
|
|
|
|
2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro aktif)
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.9. Memiliki
akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
1.10.
Terbiasa bertauhid dalam kehidupan
sehari-hari
1.11.
Terbiasa menerapkan metode-metode
peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
1.12.
Membiasakan
akhlak-akhlak(hikmah,iffah,syaja’ah dan ‘adalah)
1.13.
Menghidarkan diri dari sifat-sifat
buruk (pubbundun-ya, pasad, takabbur/ujub, riya’)
1.14.
Membiasakan bersyukur, qana’ah, rida,
dan sabar dalam kehidupan
1.15.
Membiasakan berakhlak terpuji kepada
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
1.16.
Meneladani sifat-sifat Nabi Yusuf a.s
|
|
|
|
3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1. Menganalisis
akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya.
3.2.
Menganalisis
konsep tauhid dalam Islam.
3.3. Menganalisis
akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya.
.
3.4. Menganalisis
induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
.
3.5. Menganalisis induk-induk akhlak
tercela (pubbun dun ya, asad, takabur/ujub, riya’)
3.6. Menganalisis
makna syukur, qana’ah, rida, dan sabar
3.7. Memahami
adab kepada orang tua dan guru
3.8. Menganalisis
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
|
Aqidah Islam dan
Metode peningkatannya
Tauhid dalam
konsep islam
Akhlaq dan metode
peningkatannya
Hikmah, Iffah,Sa
ja’ah dan ’Adalah
Hubbudunya, Hasad
ujub, riya’
Syukur, qanaah,
ridha dan sabar
Akhlaq kepada
orang tua dan guru
Kisah teladan Nabi Yusuf a.s
|
1.
Menjelaskan pengertian aqidah
2.
Menyebutkan dalil aqidah
3.
Menjelaskan prinsip-prinsip aqidah
4.
Menjelaskan tujuan aqidah
1.
Menjelaskan pengertian Tauhid
2.
Menyebutkan ruang lingkup Tauhid
3.
Menyebutkan macam-macam tauhid
4.
Menjelaskan makna kalimat tauhid
5.
Menjelaskan hikmah bertauhid
1.
Menjelaskan pengertian akhlaq
2.
Menjelaskan macam-macam akhlaq
1.
Menjelaskan induk-induk akhlaq terpuji (Hikmah, Iffah,
Saja’ah dan ’adalah.)
2.
Menjelaskan keutamaan Induk Akhlaq Terpuji (Hikmah,
Iffah, Saja’ah dan ’adalah)
1.
Menjelaskan induk-induk akhlaq tercela (Hubbudunya,
hasad ujub, riya)
2.
Menyebutkan akibat Negatif dari sifat Hubbudunya, hasad, ujub dan riya
1.
Menjelaskan pengertian sifat syukur, qanaah, rida,
sabar
2.
Menjelaskan keutamaan sifat syukur, qanaah, rida dan
sabar
1.
Menyebutkan dalil kewajiban berbakti kepada ortu dan guru
2.
Menjelaskan adab terhadap orang tua dan guru
1.Menjelaskan kisah Nabi Yusuf as
|
|
4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1. Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas
iman/akidah Islamiyah.
4.2.
Menunjukkan contoh perilaku bertauhid
dalam islam
4.3.
Mempraktikkan metode-metode
peningkatan kualitas akhlak dalam islam
4.4.
Mempraktikkan contoh ahklak yang baik
(hikmah, iffah, syaja’ah, dan ‘adalah)
4.5.
Menunjukkan contoh-contoh akhlak
tercela (pubbun-dun-ya, asad, Takabur/ujub, riya’)
4.6.
Menunjukkan contoh perilaku bersyukur,
qana’ah, rida, dan sabar
4.7.
Mensimulasikan adab kepada orang tua
dan guru
4.8.
Menyajikan sinopsis kisah Nabi Yusuf
a.s
|
Metode
peningkatan aqidah
Karakteristik
perilaku bertauhid
Metode
peningkatan kualitas akhlaq
Hikmah,
Iffah, saja’ah, ‘Adalah
Hubbudunya,
Hasad, Ujub, Riya
Syukur,
qana’ah, rida dan sabar
Ahlaq
terhadap orang tua dan guru
Kisah
teladan Nabi Yusuf a.s
|
1.
Menyebutkan
metode peningkatan akhlaq
1.
Menyebutkan ciri-ciri perilaku bertauhid
1.
Menjelaskan
metode-metode peningkatan ahklaq
1.
Menunjukkan ciri-ciri karakteristik orang-orang yang
mengamalkan hikmah, iffah, saja’ah dan ‘Adalah
1.
Menunjukkan ciri-ciri karakteristik orang-orang yang
mengamalkan Hubbudunya, Hasad, Ujub, Riya
1.
Menunjukkan ciri-ciri karakteristik sifat syukur,
qana’ah rida dan sabar
|
|
|
Ini materi saya pas sekolah masih di MAN hehehhehe
BalasHapuspak Budi apa kabar ?
semoga sekeluarga selalu dalam naungan ALLAH SWT
amin..