KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
(UAS) GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan
Pendidikan
Mata
Pelajaran
Kelas/Program
|
: Madrasah Aliyah
: Akidah Akhlak
: XI/ IPA, IPS, BHS
|
Alokasi
Waktu
Jumlah
dan Bentuk Soal
Kurikulum
|
: 90
menit
: 40
Pilihan Ganda dan 5 Essay
: 2013.
|
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
1.2.
Menghayati nilai-nilai
positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
1.3.
Menghayati
kewajiban menghindari perilaku dosa besar
1.4.
Menghayati akhlak
(adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
1.5.
Menghayati keutamaan
sifat Fatimatuzzahra dan Uwes al-Qarni
|
·
Menghindari Dosa Besar (Zina dan Qadzaf)
·
Ilmu Kalam
|
·
Siswa dapat menunjukan ancaman/had
melakukan dosa besar (qadzaf)
·
Siswa dapat menjelaskan sebab –sebab
dinamakan Ilmu Kalam
|
2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro aktif)
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Terbiasa berpikir kritis dan kreatif
serta menghargai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Membiasakan diri untuk menghargai
perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
2.3.
Menghindari dampak negatif akibat
perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina,
pergaulan bebas dan mencuri)
2.4.
Membiasakan akhlak (adab) yang baik
dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2.5.
Meneladani keutamaan sifat
Fatimatuzzahra dan Uwes al-Qarni
|
·
Menghindari Dosa
Besar (Judi,
Zina, Mencuri)
·
Mebiasakan Akhlak Terpiji (Berpakaian,
dan Berhias)
|
·
Siswa dapat menunjukan dampak negative
dari perbuatan berjudi
·
Siswa dapat menunjukan perbuatan untuk
menghindarkan diri dari perbuatan zina
·
Siswa dapat menentukan hukuman yang
diterima oleh pezina
·
Siswa dapat menunjukkan hukuman bagi
pencuri ( Al Maidah : 38)
·
Sisiwa dapat menunjukan batasan aurat
untuk wanita
·
Siswa daapat menunjukan prinsip
berpakaian dalam Islam
·
Sisiwa dapat menunjukan bentuk berhias
yang di larang dan yang diperbolehkan
·
Siswa dapat menyebutkan adab / tata
cara/ batasan dalam berhias sesuai syariat islam
|
3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam
serta hubungannya dengan ilmu lainnya
3.2 Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
(Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
3.3 Memahami
dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan
bebas dan mencuri)
3.4 Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu
3.5 Menganalsisi sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan
Uwes al-Qarni
|
·
Ilmu Kalam
·
Aliran dan Tokoh Ilmu Kalam
·
Menghindari Dosa
Besar
·
Membiasakan Akhlak Terpiji
|
·
Menjelaskan pengertian ilmu kalam menurut ahli.
·
Siswa dapat menunjukan hal yang
menjadi topic pemabahasan dalam Ilmu Kalam
·
Siswa dapat menyebutkan ruang lingkup
Ilmu Kalam menurut ahli
·
Siswa dapat menentukan sebab-sebab
munculnya Ilmu Kalam dri internal maupun eksternal
·
Siswa dapat menentukan fungsi ilmu Kalam.
·
Siswa dapat menentukan hubungan Ilmu
Kalam dengan Tasawuf
·
Siswa dapat menentukan pendiri aliran
–aliran Ilmu Kalam
·
Siswa dapat menentukan pokok ajaran
dari aliran Ilmu Kalam
·
Siswa dapat menunjukan sebab munculnya
aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Murji’ah)
·
Siswa dapat menunjukan peranan akal
dan wahyu dalam pandangan aliran Al “Asy’ariyah
·
Siswa dapat mnentukan pandangan aliran
Muktazilah
·
Siswa dapat menentukan pengertian
mabuk mabukan dan judi
·
Siswa dapat menunjukan dalil larangan
melaukukan dosa besar ( Al Maidah : 90)
·
Siswa dapat menujukan kandungan Surat
An Nuur :2
·
Siswa dapat menunjukan hukuman qadzaf
didasarka QS An Nuur : 4
·
Siswa dapat menunjukan perintah Al
Qur’an untuk menutup aurat
(berpakaian)
·
Siswa dapat menunjukan adab bertamu
dan menerima/memuliakan tamu
·
Siswa dapat memberikan syakal dan
mengartikan QS An Nuur: 27 tentang adab bertamu
·
Siswa dapat menunjukan hikmah
safar/rihlah
|
4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, sertamampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1.
Menyajikan peta
konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan
ilmu lainnya
4.2.
Menyajikan peta
konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah,
Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
4.3.
Menyajikan contoh
perbuatan dosa besar di masyarakat dan
akibatnya
4.4.
Mensimulasikan
akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
dalam kehidupan sehari-hari
4.5.
Menceritakan
sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah
binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
|
·
Membiasakan Akhlak terpuji
·
Menghindari Dosa Besar
·
Kisah Teladan Fatimah Az Zahra dan
Uwais Al Qarni
|
·
Siswa dapat menunjukkan hal-hal yang
dilarang bagi laki-laki dalam berpakaian maupun berhias
·
Siswa dapat memahi maksud kandungan QS
An Nuur : 28 tentang dab bertamu
·
Siswa dapat menuliskan pendapat tentang korupsi di Indonesia dan
cara penanggulanganya
·
Siswa dapat menunjukan nama –nama
putra putri Rasulullah
·
Siswa dapat menunjukan sifat
keteladanan Fatimah Az Zahra
·
Siswa dapat menunjukan keluarga
Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib
·
Siswa dapat menunjukan sifat
keteladanan Uwais Al Qarni
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar