Minggu, 20 November 2016

KISI-KISI UAS GASAL AKIDAH AKHLAK KELAS XI TP 2016/2017

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Program
:  Madrasah Aliyah
:  Akidah Akhlak
:  XI/ IPA, IPS, BHS
Alokasi Waktu
Jumlah dan Bentuk Soal
Kurikulum
:  90  menit
:  40  Pilihan Ganda dan 5 Essay
:  2013.

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
1

Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1.         Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
1.2.         Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
1.3.         Menghayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar
1.4.         Menghayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
1.5.         Menghayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uwes al-Qarni
·         Menghindari  Dosa Besar (Zina dan Qadzaf)
·         Ilmu Kalam
·         Siswa dapat menunjukan ancaman/had melakukan dosa besar (qadzaf)
·         Siswa dapat menjelaskan sebab –sebab dinamakan Ilmu Kalam


2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1           Terbiasa berpikir kritis dan kreatif serta menghargai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
2.2           Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
2.3.          Menghindari dampak negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
2.4.          Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2.5.          Meneladani keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uwes al-Qarni
·         Menghindari  Dosa Besar (Judi, Zina, Mencuri)
·         Mebiasakan Akhlak Terpiji (Berpakaian, dan Berhias)
·         Siswa dapat menunjukan dampak negative dari perbuatan berjudi
·         Siswa dapat menunjukan perbuatan untuk menghindarkan diri dari perbuatan zina
·         Siswa dapat menentukan hukuman yang diterima oleh pezina
·         Siswa dapat menunjukkan hukuman bagi pencuri ( Al Maidah : 38)
·         Sisiwa dapat menunjukan batasan aurat untuk wanita
·         Siswa daapat menunjukan prinsip berpakaian dalam Islam
·         Sisiwa dapat menunjukan bentuk berhias yang di larang dan yang diperbolehkan
·         Siswa dapat menyebutkan adab / tata cara/ batasan dalam berhias sesuai syariat islam
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
3.2 Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah,  asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
3.3 Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
3.4 Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.5 Menganalsisi sifat-sifat utama  Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
·         Ilmu Kalam
·         Aliran dan Tokoh Ilmu Kalam
·         Menghindari  Dosa Besar
·         Membiasakan Akhlak Terpiji
·         Menjelaskan pengertian ilmu kalam menurut ahli.
·         Siswa dapat menunjukan hal yang menjadi topic pemabahasan dalam Ilmu Kalam
·         Siswa dapat menyebutkan ruang lingkup Ilmu Kalam menurut ahli
·         Siswa dapat menentukan sebab-sebab munculnya Ilmu Kalam dri internal maupun eksternal
·         Siswa dapat menentukan  fungsi ilmu Kalam.
·         Siswa dapat menentukan hubungan Ilmu Kalam dengan Tasawuf
·         Siswa dapat menentukan pendiri aliran –aliran Ilmu Kalam
·         Siswa dapat menentukan pokok ajaran dari aliran Ilmu Kalam
·         Siswa dapat menunjukan sebab munculnya aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Murji’ah)
·         Siswa dapat menunjukan peranan akal dan wahyu dalam pandangan aliran Al “Asy’ariyah
·         Siswa dapat mnentukan pandangan aliran Muktazilah

·         Siswa dapat menentukan pengertian mabuk mabukan  dan judi
·         Siswa dapat menunjukan dalil larangan melaukukan dosa besar ( Al Maidah : 90)
·         Siswa dapat menujukan kandungan Surat An Nuur :2
·         Siswa dapat menunjukan hukuman qadzaf didasarka QS An Nuur : 4
·         Siswa dapat menunjukan perintah Al Qur’an  untuk menutup aurat (berpakaian)
·         Siswa dapat menunjukan adab bertamu dan menerima/memuliakan tamu  
·         Siswa dapat memberikan syakal dan mengartikan QS An Nuur: 27 tentang adab bertamu
·         Siswa dapat menunjukan hikmah safar/rihlah
4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  bertindak secara efektif dan kreatif, sertamampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1.     Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
4.2.     Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
4.3.     Menyajikan contoh perbuatan dosa besar  di masyarakat dan akibatnya
4.4.     Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
4.5.     Menceritakan sifat-sifat utama  Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
·         Membiasakan Akhlak terpuji
·         Menghindari Dosa Besar
·         Kisah Teladan Fatimah Az Zahra dan Uwais Al Qarni
·         Siswa dapat menunjukkan hal-hal yang dilarang bagi laki-laki dalam berpakaian maupun berhias
·         Siswa dapat memahi maksud kandungan QS An Nuur : 28 tentang dab bertamu
·         Siswa dapat menuliskan  pendapat tentang korupsi di Indonesia dan cara penanggulanganya
·         Siswa dapat menunjukan nama –nama putra putri Rasulullah  
·         Siswa dapat menunjukan sifat keteladanan Fatimah Az Zahra
·         Siswa dapat menunjukan keluarga Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib
·         Siswa dapat menunjukan sifat keteladanan Uwais Al Qarni



Tidak ada komentar:

Posting Komentar