KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTERGENAP MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SatuanPendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Program
|
: Madrasah Aliyah
: Aqidah Akhlak
: X/ IPA, IPS, AGAMA.
|
AlokasiWaktu
JumlahdanBentukSoal
Kurikulum
|
: 90 menit
: 50PilihanGanda
: 2013
|
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL NOMOR
|
BENTUK SOAL
|
1
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama Islam.
|
1.1. Menunjukkansikappenolakanterhadapperbuatansyirikdalamkehidupansehari-hari
1.2 Menghayatinilai-nilai
yang terkandungdalam 10 Asmwulousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
1.3 Menghayatiperilakuhusnuzzan, raja‘, dantobat
1.4.Menunjukkan sikappenolakanterhadapperilakulicik, tamak,
dzalimdandiskriminasi
1.5.Menghayatiakhlak
(adab) yang baikketikamembesuk orang sakit
1.6 Menghayatikeutamaan dan
keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
|
Menghindariperbutansyi
Rik
Asmaulhuzna
|
1.
Menjelaskanpengertiansyirik
2.
Menyebutkanlandasanlaranganberbuatsyirik
3.
Menyebutkanbahayaperbuatansyirik
4.
Menjelaskanakibatberbuatsyirik
5.
Menyebutkancontohperbuatansyirikkhafi
6.
Memberikanjeniscontohprilaku
orang yang berbuatsyirik
7.
Memberikancontohperbuatansyirik
jail
8.
Menyebutkancaramenghindariperbuatansyirik
9.
Menjelaskanpengertianasmaulhusna
10.
Menjelaskanasmaulhusna
Al-mu’min
11.
Menjelaskanayatalquran
yang menjelaskantentangsifat Allah tentangjami’
12.
Mengambilteladandarisifat
Allah al-adl
13.
Menjelaskansifat
Allah An-Nafi’
14.
Menjelaskansifat
Allah Al-Basith
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
2
|
2.
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
|
2.1. Menghindariperbuatansyirikdalamkehidupansehari-hari
2.2.Membiasakan diriuntukmeneladanisifatAsmwulousnw:
al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘,
al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
2.3.Terbiasa berperilakupusnuzzan, raja‘, dantobat
2.4.Menghindari perilakulicik, tamak, zalim, dandiskriminasi
|
AkhlakTerpuji (huznuzan, Raja’, Taubat)
|
15.
menjelaskanmaknakhusnuzan
16.
memberikancontohdarimacam-macamkhusnuzan
17.
menjelaskankandungansurat
al Hujratayat 12
18.
menyutkanhikmahdarikhuznuzan
19.
menjelaskanpengertiantaubat
20.
menjelaskanlandasan
/dalilnaqlitentangtaubat
21.
menjelaskansyarat-syarattaubat
22.
menyebutkancaramembiasakansikap
raja’
23.
menjelaskantahapan
orang bertaubat
24.
menjelaskanhikmahtaubat
|
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
3
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual,
proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1.
Menganalisisperbuatansyirikdanmacam-macamdancaramenghindarinya
3.2. Menganalisismakna 10
Asmwulousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl,
an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
3.3. Memahamipengertiandanpentingnyamemilikiakhlakhusnuzzan,
raja‘, dantobat
3.4.Memahami
pengertiandanpentingnyamenghindarilicik, tamak, zalim, dandiskriminasi
3.5.Memamhami adabislamiketikamembesuk orang sakit
3.6
Menganalisiskisahketeguhannabi-nabiUlulAzmi
|
)
|
25.
Menjelaskanpengertianlicik
26.
Menyebutkan
cirri-ciri orang lick
27.
Menyebutkanbahayadariperbuatanlicikbagi
orang lain
28.
Contohprilakutamak
29.
Menjelaskankandungan
QS annisaayat 37
30.
Menjelaskanakibat
negative darianiaya
31.
MemberikancontohdariperbuatanDzalim
32.
Menjelaskanpengertiandiskriminasi
33.
Menjelaskankandungan
QS al Hujuratayat 13
34.
Menjelaskanadabmenjenguk
orang sakit
35.
Menjelakanhukummenjenguk
orang sakit
36.
Menyebutkanhikmahsakit
37.
Menjelaskanhadisrasulullahtentangfadilah
orang
|
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
4
|
4. Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodesesuaikaidahkeilmuan
|
4.1.
Menyajikancontohpraktik-praktikperbuatansyirik
di masyarakat
4.2.
Menghafalkanlafal-lafalAsmwulousnw
4.3.
Melafalkandoa-doatobatdari Al-Qur’an danhadis
4.4.
Menceritakanbahayadariakhlaktercelalicik, tamak, zalim,
dandiskriminasi
4.5.
Mempraktikkancontohakhlak (adab) yang baikketikamembesuk orang
sakit
4.6.
Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul
Azmi
|
AkhlakTercela (Licik, Tamak,Aniaya, Diskriminasi)
|
38.
MenjelaskanpengertianululAzmi
39.
Menjelaskansifat-sifatululazmi
40.
Menyebutkannabidanrasul
yang tergolongululazmi
41.
Menyebutkancobaanataskesabarannabi
Ibrahim as
42.
Menyebutkancobaanataskesabarannabi
Muhammad Saw
|
41,42
43.44
45,46
47,48
49,50
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar