Senin, 14 Mei 2018





KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTERGENAP  MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SatuanPendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Program
:  Madrasah Aliyah
:  Aqidah Akhlak
:  X/ IPA, IPS, AGAMA.
AlokasiWaktu
JumlahdanBentukSoal
Kurikulum
:  90  menit
:  50PilihanGanda
:  2013

NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
SOAL NOMOR
BENTUK SOAL
1
1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama Islam.






1.1. Menunjukkansikappenolakanterhadapperbuatansyirikdalamkehidupansehari-hari
1.2 Menghayatinilai-nilai yang terkandungdalam 10 Asmwulousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
1.3 Menghayatiperilakuhusnuzzan, raja‘, dantobat
1.4.Menunjukkan sikappenolakanterhadapperilakulicik, tamak, dzalimdandiskriminasi
1.5.Menghayatiakhlak (adab) yang baikketikamembesuk orang sakit
1.6 Menghayatikeutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
Menghindariperbutansyi
Rik











Asmaulhuzna
1.          Menjelaskanpengertiansyirik
2.          Menyebutkanlandasanlaranganberbuatsyirik
3.          Menyebutkanbahayaperbuatansyirik
4.          Menjelaskanakibatberbuatsyirik
5.          Menyebutkancontohperbuatansyirikkhafi
6.          Memberikanjeniscontohprilaku orang yang berbuatsyirik
7.          Memberikancontohperbuatansyirik jail
8.          Menyebutkancaramenghindariperbuatansyirik
9.          Menjelaskanpengertianasmaulhusna
10.       Menjelaskanasmaulhusna Al-mu’min
11.       Menjelaskanayatalquran yang menjelaskantentangsifat Allah tentangjami’
12.       Mengambilteladandarisifat Allah  al-adl
13.       Menjelaskansifat Allah An-Nafi’
14.       Menjelaskansifat Allah Al-Basith

1
2
3
4
5
6

7
8
9
10
11

12
13
14

PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG

PG
PG
PG

2
2.    Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun,  responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
2.1. Menghindariperbuatansyirikdalamkehidupansehari-hari
2.2.Membiasakan diriuntukmeneladanisifatAsmwulousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
2.3.Terbiasa berperilakupusnuzzan, raja‘,  dantobat
2.4.Menghindari perilakulicik, tamak, zalim, dandiskriminasi


AkhlakTerpuji (huznuzan, Raja’, Taubat)
15.      menjelaskanmaknakhusnuzan
16.      memberikancontohdarimacam-macamkhusnuzan
17.      menjelaskankandungansurat al Hujratayat 12
18.      menyutkanhikmahdarikhuznuzan
19.      menjelaskanpengertiantaubat
20.      menjelaskanlandasan /dalilnaqlitentangtaubat
21.      menjelaskansyarat-syarattaubat
22.      menyebutkancaramembiasakansikap raja’
23.      menjelaskantahapan orang bertaubat
24. menjelaskanhikmahtaubat
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
3
3.     Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, tehnologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
3.1. Menganalisisperbuatansyirikdanmacam-macamdancaramenghindarinya
 3.2. Menganalisismakna 10 Asmwulousnw: al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jwmi‘, al-‘Adl, an-Nwfi‘, al-Bwsih, al-oafrzdan al-qkhir
3.3. Memahamipengertiandanpentingnyamemilikiakhlakhusnuzzan, raja‘,  dantobat
 3.4.Memahami pengertiandanpentingnyamenghindarilicik, tamak, zalim, dandiskriminasi
 3.5.Memamhami  adabislamiketikamembesuk orang sakit
3.6  Menganalisiskisahketeguhannabi-nabiUlulAzmi
)
25.      Menjelaskanpengertianlicik
26.      Menyebutkan cirri-ciri orang lick
27.      Menyebutkanbahayadariperbuatanlicikbagi orang lain
28.      Contohprilakutamak
29.      Menjelaskankandungan QS annisaayat 37
30.      Menjelaskanakibat negative darianiaya
31.      MemberikancontohdariperbuatanDzalim
32.      Menjelaskanpengertiandiskriminasi
33.      Menjelaskankandungan QS al Hujuratayat 13
34.      Menjelaskanadabmenjenguk orang sakit
35.      Menjelakanhukummenjenguk orang sakit
36.      Menyebutkanhikmahsakit
37.      Menjelaskanhadisrasulullahtentangfadilah orang




27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40

PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
4
4. Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodesesuaikaidahkeilmuan
   4.1.     Menyajikancontohpraktik-praktikperbuatansyirik di masyarakat
   4.2.     Menghafalkanlafal-lafalAsmwulousnw
   4.3.     Melafalkandoa-doatobatdari Al-Qur’an danhadis
   4.4.     Menceritakanbahayadariakhlaktercelalicik, tamak, zalim, dandiskriminasi
   4.5.     Mempraktikkancontohakhlak (adab) yang baikketikamembesuk orang sakit
   4.6.     Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
AkhlakTercela (Licik, Tamak,Aniaya, Diskriminasi)

38.      MenjelaskanpengertianululAzmi
39.      Menjelaskansifat-sifatululazmi
40.      Menyebutkannabidanrasul yang tergolongululazmi
41.      Menyebutkancobaanataskesabarannabi Ibrahim as
42.      Menyebutkancobaanataskesabarannabi Muhammad Saw
41,42
43.44
45,46

47,48

49,50

PG
PG
PG

PG

PG


Ak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar