Kamis, 23 November 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Program
:  Madrasah Aliyah
Aqidah Akhlak
:  XI (Sebelas) / IPA, IPS, Agama
Alokasi Waktu
Jumlah dan Bentuk Soal
Kurikulum
:  90  menit
50  Pilihan Ganda
:  2013


No.
KI
KD
Materi
Indikator
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1      Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
3.2      Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah,  asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
3.3      Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
3.4      Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3.5      Menganalsisi sifat-sifat utama  Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
Ø  Ilmu Kalam








Ø  Aliran dan Tokoh Ilmu Kalam







Ø  Membiasakan Akhlak Terpiji





























Ø  Membiasakan akhlak terpuji
































Ø  Menghindari Dosa Besar









  


Ø  Membiasakan akhlak terpuji.

1.          Menjelaskan tentang pengertian ilmu Kalam secara bahasa.
2.          Menjelaskan pengertian ilmu kalam menurut ahli.
3.          Menunjukkan tentang dasar pembahasan ilmu kalam.
4.          Menunjukan hal yang menjadi topic pemabahasan dalam Ilmu Kalam
5.          Menyebutkan tentang fungsi Ilmu Kalam.
6.          Menentukan sebab-sebab munculnya Ilmu Kalam dri internal maupun eksternal
7.          Menentukan  tentang faktor internal yang menyebabkan munculnya ilmu Kalam.
8.          Menentukan tentang hubungan Ilmu Kalam dengan Tasawuf.
9.          Menentukan munculnya aliran –aliran Ilmu Kalam yang pertama.
10.      Menentukan tentang ruang lingkup  Ilmu Kalam manurut ahli.  
11.      Menunjukan sebab munculnya aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Qodariyah)
12.      Menunjukan tentang peranan akal dan wahyu dalam pandangan aliran Al “Asy’ariyah
13.      Menentukan tentang tokoh pendiri aliran Muktazilah.
14.      Mnentukan pandangan aliran Muktazilah tentang pelaku dosa besar.
15.      Menjelaskan tentang tokoh pendiri aliran Jabariyah.
16.      Menjelaskan tentang tokoh pendiri aliran Asy’ariyah
17.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Khawarij.
18.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Murji’ah
19.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Jabariyah.
20.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Syi’ah
21.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Maturidiyah
22.      Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Muktazilah.
23.      Menjelaskan tentang pengertian pakaian secara istilah.
24.      Menyebutkan tentang rambu-rambu dalam berhias.
25.      Menjelaskan tentang adab dalam perjalanan.
26.      Menunjukkan dalil yang ada kaitannya dengan  akhlak  bertamu. (QS. An-Nuur : 28)
27.      Menjelaskan tentang bentuk-bentuk akhlak menerima tamu.
28.      Menjelaskan tentang kriteria pakaian bagi seorang muslimah menurut syari’at Islam.
29.      Menjelaskan tentang cara berhias dalam Islam.
30.      Menentukan bentu-bentuk dari akhlak perjalanan.
31.      Menjelaskan tentang bentu-bentuk dari akhlak bertamu.
32.      Menentukan tentang hikmah dalam akhlak menerima tamu.
33.      Menentukan tentang contoh-contoh perbuatan judi.
34.      Menunjukan dalil larangan melaukukan dosa besar ( Al Maidah : 90)
35.      Menunjukkan dampak negatif bagi seseorang yang berjudi.
36.      Menjelaskan tentang hikmah diharamkannya perbuatan judi.
37.      Menentukan hukuman bagi pelaku zina yang terbukti.
38.      Menjelaskan tentang usaha preventif bagi remaja agar tidak berzina.
39.      Menujukan kandungan Surat An Nuur :2 yang berkaitan dengan hukuman bagi pelaku zina.
40.      Menunjukan hukuman qadzaf didasarka QS An Nuur : 4
41.      Menunjukkan dasar hukuman bagi pelaku pencurian (QS. Al-Maidah ayat 38)
42.      Menjelaskan tentang cara menghindari perbuatan zina.
43.      Menjelaskan tentang nilai negatif dari perbuatan mencuri.
44.      Menjelaskan tentang hikmah dilarang mengkonsumsi narkoba.
45.      Menjelaskan tentang nilai positif bagi orang yang melakukan safar.

4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,     dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1.    Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
4.2.    Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
4.3.    Menyajikan contoh perbuatan dosa besar  di masyarakat dan akibatnya
4.4.    Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.    Menceritakan sifat-sifat utama  Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
Ø  Kisah Teladan Fatimah Az Zahra dan Uwais Al Qarni
46.      Siswa dapat menunjukan sifat keteladanan Fatimah Az Zahra
47.      Siswa dapat menunjukan sifat keteladanan Uwais Al Qarni










Tidak ada komentar:

Posting Komentar