KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
GASAL MADRASAH ALIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Satuan
Pendidikan
Mata
Pelajaran
Kelas/Program
|
: Madrasah Aliyah
: Aqidah Akhlak
: XI (Sebelas) / IPA, IPS,
Agama
|
Alokasi
Waktu
Jumlah
dan Bentuk Soal
Kurikulum
|
: 90
menit
: 50 Pilihan Ganda
: 2013
|
No.
|
KI
|
KD
|
Materi
|
Indikator
|
3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya
dengan ilmu lainnya
3.2
Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murji`ah,
Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah,
asy’ariyah, al-Maturidiyah dan Mu`tazilah)
3.3
Memahami dosa besar
(mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan
mencuri)
3.4
Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu.
3.5
Menganalsisi sifat-sifat utama
Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwes al-Qarni
|
Ø
Ilmu Kalam
Ø
Aliran dan Tokoh Ilmu Kalam
Ø Membiasakan
Akhlak Terpiji
Ø Membiasakan akhlak terpuji
Ø
Menghindari Dosa Besar
Ø
Membiasakan akhlak terpuji.
|
1.
Menjelaskan tentang pengertian ilmu Kalam secara bahasa.
2.
Menjelaskan pengertian ilmu kalam menurut ahli.
3.
Menunjukkan tentang dasar pembahasan ilmu kalam.
4.
Menunjukan
hal yang menjadi topic pemabahasan dalam Ilmu Kalam
5.
Menyebutkan
tentang fungsi Ilmu Kalam.
6.
Menentukan sebab-sebab
munculnya Ilmu Kalam dri internal maupun eksternal
7.
Menentukan
tentang
faktor internal yang menyebabkan munculnya ilmu Kalam.
8.
Menentukan
tentang hubungan Ilmu Kalam dengan Tasawuf.
9.
Menentukan
munculnya aliran –aliran Ilmu Kalam yang pertama.
10. Menentukan
tentang ruang lingkup Ilmu Kalam manurut ahli.
11. Menunjukan
sebab munculnya aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Qodariyah)
12. Menunjukan
tentang peranan akal dan wahyu dalam pandangan
aliran Al “Asy’ariyah
13. Menentukan tentang tokoh pendiri aliran Muktazilah.
14. Mnentukan
pandangan aliran Muktazilah tentang pelaku
dosa besar.
15. Menjelaskan tentang tokoh pendiri aliran Jabariyah.
16. Menjelaskan tentang tokoh pendiri aliran Asy’ariyah
17. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Khawarij.
18. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Murji’ah
19. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran
Jabariyah.
20. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran Syi’ah
21. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran
Maturidiyah
22. Menentukan tentang doktrin ajaran dari aliran
Muktazilah.
23. Menjelaskan tentang pengertian pakaian secara istilah.
24. Menyebutkan tentang rambu-rambu dalam berhias.
25. Menjelaskan tentang adab dalam perjalanan.
26. Menunjukkan dalil yang ada kaitannya dengan akhlak
bertamu. (QS. An-Nuur : 28)
27. Menjelaskan tentang bentuk-bentuk akhlak menerima tamu.
28. Menjelaskan tentang kriteria pakaian bagi seorang
muslimah menurut syari’at Islam.
29. Menjelaskan tentang cara berhias dalam Islam.
30. Menentukan bentu-bentuk dari akhlak perjalanan.
31. Menjelaskan tentang bentu-bentuk dari akhlak bertamu.
32. Menentukan tentang hikmah dalam akhlak menerima tamu.
33. Menentukan
tentang contoh-contoh perbuatan judi.
34. Menunjukan
dalil larangan melaukukan dosa besar ( Al Maidah : 90)
35. Menunjukkan dampak negatif bagi seseorang yang berjudi.
36. Menjelaskan tentang hikmah diharamkannya perbuatan
judi.
37. Menentukan hukuman bagi pelaku zina yang terbukti.
38. Menjelaskan tentang usaha preventif bagi remaja agar
tidak berzina.
39. Menujukan
kandungan Surat An Nuur :2 yang berkaitan
dengan hukuman bagi pelaku zina.
40. Menunjukan
hukuman qadzaf didasarka QS An Nuur : 4
41. Menunjukkan dasar hukuman bagi pelaku pencurian (QS.
Al-Maidah ayat 38)
42. Menjelaskan tentang cara menghindari perbuatan zina.
43. Menjelaskan tentang nilai negatif dari perbuatan
mencuri.
44. Menjelaskan tentang hikmah dilarang mengkonsumsi
narkoba.
45. Menjelaskan tentang nilai positif bagi orang yang
melakukan safar.
|
4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1.
Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta
hubungannya dengan ilmu lainnya
4.2.
Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij,
Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, al-Maturidiyah dan
Mu`tazilah)
4.3.
Menyajikan contoh perbuatan dosa besar
di masyarakat dan akibatnya
4.4.
Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.
Menceritakan sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan
Uwes al-Qarni
|
Ø Kisah
Teladan Fatimah Az Zahra dan Uwais Al Qarni
|
46.
Siswa dapat menunjukan sifat
keteladanan Fatimah Az Zahra
47.
Siswa dapat menunjukan sifat
keteladanan Uwais Al Qarni
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar